Cara Membuat suara Merdu dan Tinggi

|| || || 2 comments

TIPS AGAR SUARA MENJADI BAGUS DAN NAFAS MENJADI PANJANG

Teknik pernapasan Seorang penyanyi harus memiliki nafas yang kuat dan benar maka dari itu perlu dibiasakan berlatih. Untuk suara yang tinggi dan kuat diperlukan penapasan diafragma, difragma merupakan pemisah antara rongga dada dan rongga perut letaknya ada di kedua rongga tersebut.

Umumnya orang bernapas dengan pernapasan  dada yang ditandai dengan naik-turunnya dada saat bernapas. Pada pernapasan diafragma saat menarik napas maka perut akan menggembung tanpa menyebabkan dada terangkat. Disini otot-otot perut memegang peranan penting tidak heran banyak penyanyi profesional banyak melatih otot perut guna menunjang nafas mereka agar panjang dan kuat.

Ada orang yang memang dianugerahi suara tinggi misalnya soprano namun ada juga yang memiliki jenis suara lebih rendah misalnya bass atau baritone. Jenis-jenis suara tersebut memiliki register yaitu chest voice (medium-rendah), mix voice (medium tinggi), dan head voice (tinggi). Ada juga head voice dengan suara tipis dan mendesah yang disebut falsetto. Sangat penting untuk mengetahui dan melatih berbagai macam register voice tersebut. Untuk dapat menyanyikan nada tinggi kita tidak boleh memaksakan suara agar tinggi dengan "mencekik".

Cara melatihnya yaitu dengan menyanyikan tangga nada mayor (do-re-mi-fa-sol-la-si-do) dengan silabel “Aa” lalu saat nada mulai meninggi cobalah untuk menipiskan suara. Saat suara berpindah dari depan wajah ke belakang kepala berarti sudah dilakukan dengan benar. Rajin-rajinlah berlatih agar bisa pindah dari chest voice ke head voice dengan benar tanpa pecah ke falsetto.

Untuk mencapai nada tinggi yang digunakan adalah suara kepala bukan suara tenggorokan. Berlatih mengeluarkan suara kepala memerlukan teknik khusus yang tidak mudah untuk hasil yang cepat dan terukur sebaiknya mencari pelatih vokal yang sudah berpengalaman.

Pantangan bagi seorang vokalis
Pada dasarnya makanan dan minuman tidak mempengaruhi secara langsung pada kualitas suara karena memang pita suara berada pada saluran pernapasan bukan pencernaan seperti yang dilewati makanan dan minuman. Namun makanan berikut ini sebaiknya dihindari sebelum bernyanyi

  • Alkohol dan kopi: kedua minuman ini membuat kita dehidrasi, sebagai seorang penyanyi harus menghindari kondisi ini.
  • Susu dan produk turunannya seperti keju, yoghurt. Meskipun susu sangat baik untuk kesehatan tetapi susu dan produk turunannya membuat produksi lendir lebih banyak
  • Keripik atau kacang asin membuat mulut kering mengurangi kenyamanan saat bernyanyi.
  • Rokok, berbeda dengan makanan, asap rokok langsung mengenai pita suara kita. Gigi seorang perokok akan memiliki lapisan kuning yang sangat keras, bayangkan jika ini terjadi pada pita suara kita. Selain itu rokok juga membuat pernapasan kita menjadi lebih dangkal.
  • Minuman dingin dan goreng-gorengan juga sebaiknya tidak dikonsumsi/dikurangi.
Rajin-rajinlah berolahraga jenis kardio misalnya lari pagi agar nafas juga stamina terutama otot diafragma dan dada menjadi lebih kuat. Hal ini akan membantu anda menjadi fit and fresh saat berkiprah berolah vokal.

Artikel Terkait Cara Membuat suara Merdu dan Tinggi
/[ 2 comments Untuk Artikel Cara Membuat suara Merdu dan Tinggi]\
Alina Thorfi said...

Thank you very much.

Anonymous said...

Rajin-rajinlah berolahraga jenis kardio misalnya lari pagi agar nafas juga stamina terutama otot diafragma dan dada menjadi lebih kuat. Hal ini akan membantu anda menjadi fit and fresh saat berkiprah berolah vokal.

Post a Comment