Semangat UKM Harus Tetap Tinggi Meski BBM Naik

|| || , || Leave a comments

Indonesia sudah membuktikan disaat krisis moneter melanda, UKM menjadi penopang perekonomian. Semakin banyak orang yang memulai usaha mandiri semakin baik perekonomian kita.

Disaat-saat harga BBM naik tantangan Usaha Kecil-Menengah semakin bertambah karena harga-harga yang ikut naik membuat bahan baku semakin mahal dan menurunkan daya beli masyarakat. Para penggiat UKM harus bekerja ekstra untuk membuat binaanya tetap berjalan di jalur yang benar dan bertahan dengan semakin banyaknya hambatan yang segera datang.

Pemilik bisnis harus berusaha lebih keras melakukan perbaikan disegala bidang supaya lebih baik. "Pertama para pengusaha UKM harus semangat. ''Semangat untuk melakukan usaha harus lebih keras dari yang lain. Dari Re[ublika Online (ROL) kata ketua fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali '' saat mengisi acara Gerakan Ayo Bangkit di Graha Wisata Ragunan, Selasa (11/6).


Dia bercerita, ada seorang pengusaha kecil yang terus maju bisnisnya karena modal semangat. Pengusaha itu sudah bangun tidur ketika yang lain masih terlelap.

Apapun tantangan yang akan dihadapi didepan, para pengusaha harus bersiap-siap menyusun strategi yang tepat. Pengusaha harus tahan banting meskipun BBM naik.

Ashraf juga mengatakan "pengusaha harus bisa mengelola pengeluaran dengan baik" dia bahkan mengenal seorang pengusaha yang makan bubur untuk menghemat pengeluaran sebelum akhirnya kini sukses.

Pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan. Pencatatan dan pembagian porsi untuk diri sendiri, karyawan, pengeluaran rutin, biaya pengembangan usaha dan tabungan harus seimbang. "Jangan sampai baru dapat duit Rp 50 ribu langsung makan di restoran" tambah Ashraf yang diikuti oleh tawa hadirin.

Keterbatasan dana dan sumberdaya yang sering menjadi momok bagi UKM mengharuskan pelakunya untuk bertindak kreatif baik dalam produk maupun pemasaran. Ashraf Ali juga memberikan satu contoh konkrit bagaimana mendapatkan konsumen. Dia menceritakan bahwa ada seorang penjual yang dagangannya tidak laku-laku, suatu saat dia mengetahui ulang tahun anak calon pembelinya.

Ketika ulang tahun anak tersebut tiba, si penjual memberikan kado kepada sang anak. Si konsumen kaget dengan kedatangannya. ''Penjual itu berkata, saya ingin bergembira bersama dengan Anda pada hari bahagia ini,'' kata Ashraf. Setelah itu konsumen melakukan pembelian produk.

Artikel Terkait Semangat UKM Harus Tetap Tinggi Meski BBM Naik
/[ 0 comments Untuk Artikel Semangat UKM Harus Tetap Tinggi Meski BBM Naik]\

Post a Comment