Pengertian Pencemaran Air

|| || ,, || Leave a comments

Pencemaran air adalah terkontaminasinya tempat penampungan air misalnya sungai, danau, akuifer, lautan dan air tanah. pencemaran air atau biasa di sebut dengan polusi air terjadi apabila polutan dibuang langsung atau tidak langsung ke perairan tanpa penanganan yang cukup untuk menghilangkan senyawa berbahaya. 

Pencemaran air ini sangat mempengaruhi keadaan tanaman dan organisme yang hidup di sekitar air yang telah tercemar tersebut. Dan hampir pada semua kasus efeknya merusak tidak hanya untuk spesies individu dan populasi, akan tetapi juga berpengaruh untuk masyarakat biologis alami. 

Pencemaran air dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :
  1. Pembuangan limbah industri ke perairan baik sungai, danau mau pun laut. 
  2. Pembuangan limbah rumah tangga domestik yang mengarah ke sungai, seperti air dari cucian yang mengandung banyak busa sabun dan air dari kamar mandi. 
  3. Penggunaan pupuk dan pestisida yang berlebihan. 
  4. Terjadinya erosi yang membawa partikel-partikel tanah ke perairan. 
  5. Penggunaan racun dan bahan peledak yang berbahaya untuk menangkap ikan. 
  6. Penggunaan racun dan bahan peledak dalam menangkap ikan menimbulkan kerusakan ekosistem air. Dan bahan peledak dapat menghancurkan terumbu karang. Selain merusak ekosistem terumbu karang, penggunaan bahan peledak juga merusak habitat dan tempat perlindungan ikan. Racun tersebut bukan hanya membunuh hewan sasarannya yaitu ikan yang berukuran besar, akan tapi juga memutuskan daur hidup dan regenerasi ikan tersebut. 
  7. Pembungan limbah – limbah yang berasal dari rumah sakit atau perternakan ke sungai 
  8. Limbah rumah sakit dan limbah peternakan sangat berbahaya jika langsung dibuang ke sungai. Karena kandungan organisme seperti bakteri, protozoa pathogen dapat menjadi sumber penularan penyakit. 
  9. Tumpahnya minyak di karenakan kebocoran atau ledakan sumur minyak ke kepas pantai. Tumpahan minyak di laut karena kebocoran tanker atau ledakan sumur minyak lepas pantai akan mengakibatkan kematian pada kerang, ikan, dan larva ikan yang hidup di laut. Hal tersebut di karenakan aromatik hidrokarbon seperti toluene dan benzene yang bersifat toksik. Terlebih lagi sebagian minyak yang dapat membentuk lapisan mengambang dan lengket yang menyebabkan burung – burung laut tidak dapat terbang karena lengketnya sayap. Dan juga lapisan minyak yang ada di permukaan air dapat menghalangi difusi oksigen ke air laut, hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan kadar oksigen terlarut. Dengan itu semua maka kehidupan makhluk laut akan semakin terancam.

Artikel Terkait Pengertian Pencemaran Air
/[ 0 comments Untuk Artikel Pengertian Pencemaran Air]\

Post a Comment